Ragukah Anda dengan Al Qur'an?

 

Terjemah :
Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa,*
 
*Taqwa yaitu mengikuti segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Tafsir :

Inilah al-Kitab (al-Quran), tidak ada keraguan di dalamnya, merupakan petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa.

Dzālikal kitābu lā raiba fīhi (inilah al-Kitab [al-Quran], tidak ada keraguan di dalamnya). Maksudnya, inilah al-Quran yang dibacakan Nabi Muhammad saw. kepada mereka. Tidak ada keraguan lagi bahwasanya al-Quran berasal dari-Ku. Jika kalian beriman, maka kalian akan Kuberi Hidayah (petunjuk). Namun jika kalian tidak beriman, maka akan Kuazab. 

Pendapat lain mengatakan:
a. Dzālikal kitābu, yakni Lauh Mahfuzh.
b. Dzālikal kitābu, yakni inilah al-Quran yang telah Kujanjikan kepadamu pada hari dijanjikan bahwa Aku akan Mewahyukannya kepadamu.
c. Dzālikal kitābu, yakni Taurat dan Injil, tak ada keraguan bahwa di dalam keduannya terdapat keterangan tentang Nabi Muhammad saw..

Hudal lil muttaqīn (merupakan petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa). Maksudnya, al-Quran merupakan penjelasan bagi orang-orang yang bertakwa, tentang kekafiran, kemusyirikan, dan keburukan. Pendapat lain mengatakan, hudal lil muttaqīn berarti kemuliaan bagi orang-orang yang beriman. Dan ada pula yang berpendapat, hudal lil muttaqīn bermakna rahmat bagi orang-orang yang bertakwa dan umat Nabi Muhammad saw..

Wa'allahu 'Alam!

0 Response to "Ragukah Anda dengan Al Qur'an?"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik dan ulasan yang dipaparkan dalam blog ini. Kunjungan dan komentar Anda sangat bermanfaat untuk perkembangan Blog ini. Terimakasih!