Turunnya al Qur'an di Malam Lailatul Qadar

Dalam redaksi ayat terkait Turunnya al Qur'an di Malam Lailatul Qadar secara langsung disunggung dalam ayat berikut ini:    نَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُّبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ - ٣- 
(QS. Ad-Dukhan: 3) Baca juga: Fadhilah atau Keutamaan Membaca Al-Qur'an

Terjemah
Sesungguhnya Kami Menurunkannya (al Qur'an) pada malam yang diberkahi.* Sungguh, Kami-lah yang Memberi peringatan.
Turunnya al Qur'an di Malam Lailatul Qadar image
Ilustrasi: Turunnya al Qur'an di Malam Lailatul Qadar

Turunnya al Qur'an di Malam Lailatul Qadar

Tafsir
Sesungguhnya Kami Menurunkannya pada malam yang diberkahi; sesungguhnya Kami-lah yang Memberi peringatan.

Innā aηzalnāhu (sesungguhnya Kami Menurunkannya), yakni sesungguhnya Kami Menurunkan Jibril membawa al-Quran. Inilah yang menjadi tujuan sumpah pada ayat sebelumnya. Allah Ta‘ala Menurunkan Jibril ke langit yang terdekat lalu ia mendiktekannya kepada para penulis yang merupakan penghuni langit terdekat itu. Menarik juga: Hukum Membaca Al Quran namun Kurang Fasih
Fī lailatim mubārakatin (pada malam yang diberkahi), yakni pada malam yang di dalamnya terdapat rahmat, ampunan, dan berkah. Malam itu adalah malam kemuliaan (Lailatul Qadr). Kemudian Allah Ta‘ala Menurunkan Jibril kepada Nabi Muhammad saw. dengan membawa satu ayat atau satu surah. Rentang waktu antara yang pertama dan yang terakhir adalah dua puluh tahun.
Innā kunnā muηdzirīn (sesungguhnya Kami-lah yang Memberi peringatan), yakni sesungguhnya Kami Menakut-nakuti dengan al-Quran.

0 Response to "Turunnya al Qur'an di Malam Lailatul Qadar"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik dan ulasan yang dipaparkan dalam blog ini. Kunjungan dan komentar Anda sangat bermanfaat untuk perkembangan Blog ini. Terimakasih!